Selasa, 04 September 2012

kulit


Macam – Macam Kosmetik dan Jenis – Jenis Kulit

APR
  1. Penggolongan Kosmetik
Sebelum kita masuk ke penggolongan kosmetik yang beredar, ada istilah kosmetik, obat, dan medicated cosmetics yang perlu kita ketahui. Difinisi kosmetik dalam peraturan Menteri kesehatan RI No.445/MenKes/Permenkes/1998 adalah sebagai berikut :
“ Kosmetik adalah sediaan atau paduan bahan yang siap untuk digunakan bada bagian luar badan (epidermis, rambut, kuku, bibir, dan organ kelamin bagian luar), gigi, dan rongga mulut untuk membersihkan menambah daya tarik, mengubah penampakan, melindungi,supaya tetap dalam keadaan baik, memperbaiki bau badan, tetapi tidak dimaksudkan untuk mengobati atau menyembuhkan suatu penyakit, “….Sementara itu, obat adalah bahan, zat, atau benda yang dipakai untuk diagnosa,pengobatan dan pencegahan suatu penyakit atau yang dapat mempengaruhi struktur dan faal tubuh.
Dalam difinisi kosmetik menurut peraturan Menteri Kesehatan RI tersebut, yang dimaksud dengan “ tidak di maksudkan untuk mengobati atau menyembuhkan suatu penyakit “ adalah bahwa sediaan yang ada seyogianya tidak mempengaruhi struktur dan faal kulit. Namun bila bahan suatu kosmetik adalah bahan kimia — meskipun berasal dari alam maka ia akan mempengaruhi struktur dan faal kulit dan akan memungkinkan terjadinya beberapa reaksi – reaksi serta perubahan pada struktur dan faal kulit. Tak ada bahan kimia yang tidak menimbulkan efek jika mengenai kulit (bersifat indeferens).
Oleh karena itu Lobowe, seorang ilmuwan medis, menciptakan istilah cosmedics, yang merupakan gabungan kosmetik dan obat yang dapat mempengaruhi faal kulit secara positif, namun bukan obat, Istilah cosmedics kemudian diubah oleh Faust menjadi medicated cosmetics di tahun 1982.
Kosmetik dibagi menjadi 3 golongan, yaitu menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI, menurut sifat dan cara pembuatanya, serta menurut kegunaan bagi kulit.
  1. Penggolongan Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI
Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI, kosmetik dibagi dalam 13 macam, yaitu kosmetik untuk bayi, Misalnya, minyak bayi, bedak bayi, dan sebagainya; kosmetik untuk mandi, misalnya sabun mandi, bath capsule, dan sebagainya; Kosmetik untuk mata, misalnya mascara, eye shadow, dan sebagainya; wangi – wangian, misalnya parfum, toilet water, dan sebagainya; kosmetik untuk rambut, misalnya cat rambut, hair spray, dan sebagainya ; make up, (kecuali mata) misalnya bedak, lipstik, dan sebagainya, kosmetik untuk kebersihan mulut, misalnya pasta gigi, mouth washes, dan sebagainya, kosmetik kebersihan badan, misalnya deodorant, dan sebagainya, kosmetik untuk perawatan kuku, misalnya cat kuku, lation kuku, dan sebagainya, kosmetik perwatan kulit, misalnya pembersih , pelembab, pelindung dan sebagainya, kosmetik untuk cukur, misalnya, sabub cukur, dan sebagainya, kosmetik untuk suntan dan sunscreen, misalnya sunscreen foundation, dan sebagainya,
  1. Penggolongan menurut sifat dan cara pembuatanya
Menurut sifat dan cara pembuatanya kosmetik dibagi menjadi dua bagian yaitu :
  1. Kosmetik modern, kosmetik modern yaitu kosmetik yang diramu dari bahan kimia dan diolah secara modern (termasuk diantaranya adalah cosmedics).
  2. Kosmetik tradisional, Jenis kosmetik tradisional ada 3 macam, yaitu (1). Betul betul tradisional, misalnya mangir dan lulur yang bahanya diambil dari alam dan diolah menurut resep dan cara yang diajarkan secara turun temurun. (2). Semi tradisional, yakni yang diolah dengan cara modern dan diberi bahan pengawet agar tahan lama, dan (3). Hanya namanya saja yang tradisional, sedangkan isinya tanpa komponen yang benar benar tradisional dan diberi zat warna yang menyerupai bahan tradisional.

  1. Penggolongan menurut Kegunaanya Bagi Kulit
Menurut kegunaanya bagi kulit, kosmetik dibagi menjadi dua bagian, yaitu :
  1. Kosmetik perawatan kulit (skin care cosmetics), Jenis kosmetik ini perlu untuk merawat kebersihan dan kesehatan kulit, Beberapa kosmetik yang termasuk jenis kosmetik perawatan kulit ini, antara lain, adalah :
(1). Kosmetik untuk membersihkan kulit (Cleanser), misalnya sabun, cleaning,cream, cleansing milk, dan penyegar mulut (freshmer) (2). Kosmetik untuk melembabkan kulit (moisturizer), misalnya moisturizing cream, night cream,dan antiwrinkle cream, (3). Kosmetik pelindung kulit, misalnya sunscreen cream, sunscreen foundation, dan sun block cream / lotion, serta (4). Kosmetik untuk menipiskan atau mengelupaskan kulit (peeling), misalnya scrub cream yang berisi butiran butiran halus yang berfungsi sebagai pengampelasan (abrasiver).
b. kosmetik riasan (dekoratif atau make up), Jenis kosmetik ini di perlukan untuk merias dan menutup cacat pada kulit, sehingga menghasilkan penampilan yang lebih menarik serta menimbulkan efek psikologis yang baik, seperti percaya diri (self confidence), Dalam kosmetik riasan, peran zat pewarna dan zat pewangi sangat besar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar